Kamis, 22 November 2012

Cara Mengakses Internet


CARA MENGAKSES INTERNET 
 
Cara Menemukan Dan Menyambung Ke Jaringan Wi-Fi®
Untuk mengakses Internet menggunakan sambungan Wi-Fi®, pertama Anda harus mencari dan menyambung ke jaringan Wi-Fi® yang tersedia. Sebagian jaringan merupakan jaringan diamankan. Anda hanya dapat tersanmbung ke jaringan semacam itu dengan kata sandi. Ada juga jaringan yang terbuka, yang Anda dapat dengan mudah terasmbung tanda perlu kata sandi.
Untuk menyambung ke jaringan Wi-Fi ®
1.      Dari layar Beranda, ketuk ikon layar Aplikasi.
2.      Cari dan ketuk Setelan > Nirkabel & jaringan > Setelan Wi-Fi.
3.      Tandai kotak centang Wi-Fi.
4.      Jaringan Wi-Fi® yang tersedia ditampilkan dalam daftar di bawah jaringan Wi-Fi. Jaringan yang tersedia mungkin bersifat terbuka atau aman. Jaringan terbuka diindikasikan oleh ikon Wireless terbuka dan dan jaringan aman diindikasikan oleh ikon gembok Wireless di samping nama jaringan Wi-Fi®.
5.      Ketuk jaringan Wi-Fi ® yang akan disambungkan. Jika Anda akan menyambung ke jaringan Wi-Fi® aman, Anda diminta untuk memasukkan sandi. Ikon Wireless open ditampilkan dalam bilah status setelah Anda tersambung.
Catatan: Ponsel Anda akan mengingat jaringan Wi-Fi® yang Anda sambungkan. Pada waktu berikutnya Anda dalam jangkauan jaringan Wi-Fi® yang pernah terhubung sebelumnya, ponsel secara otomatis menyambung ke sana.
Catatan: Di sebagian lokasi, untuk membuka jaringan Wi-Fi® Anda harus log in ke halaman web sebelum Anda dapat memperoleh akses ke jaringan.
Untuk memindai ulang jaringan Wi-Fi®
1.      Dari layar BerandaAnda, ketuk ikon layar Aplikasi.
2.      Cari dan ketuk Setelan > Nirkabel & jaringan > Setelan Wi-Fi.
3.      Tekan tombol Menu.
4.      Ketuk Pindai. Ponsel memindai jaringan Wi-Fi® dan menampilkan jaringan yang tersedia dalam sebuah daftar.
5.      Ketuk salah satu jaringan Wi-Fi® dalam daftar untuk menyambung ke jaringan.

 

Cara Koneksi Internet Wi Fi di Jaringan Hot Spot Windows XP dan Windows 7

Cara Koneksi Internet Wi Fi di Jaringan Hot Spot Windows XP dan Windows 7 - Masih seputar cara koneksi internet, kali ini saya akan mereview cara koneksi internet di jalur Wi Fi Hotspot dengan menggunakan Komputer atau Laptop Windows XP dan Windows 7 yang support Wi Fi
Wi Fi yang kepanjangannya Wireless Fidelity adalah salah satu media untuk koneksi internet tanpa kabel. Dengan akses internet menggunakan Wi FI maka pengguna tidak usah ribet dengan kabel. Karena sekarang sudah banyak Hot Spot yang menyediakan layanan Wi Fi Gratis.
Wi fi dibagi kedalam tiga kelas yaitu kelas a/b/g dengan kecepatan maksimum 54 Mbps. Umumnya laptop/notebook maupun pemancar wi-fi sekarang ini telah mendukung kecepatan untuk ketiga kelas di atas. Yang penting adalah kelas antara pemancar dan penerima wi-fi harus sama sehingga sinkron
Berikut Cara Setting koneksi internet Wi Fi di Windows XP dan WIndows 7 Laptop atau Komputer anda :
1.      Pastikan telah terinstall driver dari perangkat wi-fi pada komputer/laptop mu. Wi-fi internal atau eksternal sama saja yang penting berfungsi dan driver telah dipasang.
2.      Jika telah terpasang sempurna driver (lihat di device manager), biasanya akan otomatis terdetect jika ada jaringan hotspot yang berada di daerah jangkauan. Petunjuk koneksi terlihat pada bagian icon sys tray Windows di kiri bawah layar.
3.      Pada Control Panel » Network Connection klik dua kali pada wireless network connection yang ada (bisa juga dari icon sys tray)
4.      Pada menu samping kiri, pilih refresh netwok list, sehingga akan muncul daftar nama pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan
5.      Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok: unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dan kita akan mendapatkan IP address dinamik. Sedangkan pada secured kita harus registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan baru mendapatkan IP address.
6.      Pilih salah satu yang unsecured jika ada dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia. Jika yang pemancar yang unsecured banyak, pilihlah yang kuat sinyalnya seperti yang dilihat pada masing-masing indikasi kualitas sinyal.

7.      Kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah, tunggu proses untuk mendapatkan IP address secara otomatis selesai
8.      Jika connect, pada icon tray, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan jenis kekuatan sinyal yang diterima seperti Excelent (54 Mbps), Very Good, Good, Low, dan yang paling jelek kategori poor
9.      Jika jaringan terputus, biasanya akan otomatis tersambung lagi pemancar yang sama atau pemancar lain yang lebih baik kualitas sinyalnya.
10.  berhati-hatilah dengan data pada komputermu, jangan ada folder yang di-share bebas sehingga orang laen bisa mengirim program jahat.
11.  OK, jika telah koneksi, jangan lupa dengan waktu dan jangan lupa kunjungi Cossierandi.com untuk mendapatkan trik koneksi internet lainnya ya…
Nah, penjelasan diatas mungkin bisa membantu anda agar bisa koneksi internet tanpa kabel dengan menggunakan Wi Fi di jaringan  Hotspot windows XP dan Windows 7 pada komputer atau Laptop anda

Internet Via Bluetooth

Secara garis besar, langkah2 untuk connect internet via bluetooth modem adalah sebagai berikut :
1.    Pairing device/hp dengan PC/laptop.
2.    Detect modem. Jika HP-nya support bluetooth modem, maka di PC bisa diliat ci Control Panel –> Phone and Modem Options –> Tab Modem : akan muncul modem bluetooth.
3.    Test modem. Pada Tab Modem di atas, klik modem yg akan di-test. Klik Properties, kemudian query modem.
4.    Jika modem terhubung, akan ada respon dari modem.
5.    Klik Advanced modem Setting. Pada isian Extra initialization command, isi dengan : +CGDCONT=1,”IP”,”APN_name”
#catatan : APN_name diganti dengan APN masing-2 operator, misal untuk IM3/Mentari, ganti APN_name dengan indosatgprs, sehingga extra initialization command menjadi : +CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”
6.    Buat dial-up connection. Klik Control Panel –> Network Connection –> Create a new Connection–>Connect to The Internet–>Set up manually–>Connect using dial up modem–>Isi nama ISP terserah anda, misal Indosat. Pada isian user name dan password ngikutin operator masing-2, untuk indosat, username :indosat, password : indosat
Pilih modem untuk koneksi dengan modem bluetooth yang tadi disetting (ingat nomor port COM-nya). Untuk nomor dial-up adalah : *99#

Peralatan yang di perlukan:

  1. Sebuah HP yang support GPRS serta memiliki perangkat bluetooth, dan sudah bisa koneksi dengan GPRS;
  2. Kartu telepon / sim card im3; dan
  3. Personal computer diutamakan sebuah laptop
Instalasi modem:
·         Nyalakan bluetooth di setiap perangkat, baik hape maupun laptop anda. Tiap tipe laptop punya cara berbeda untuk mengaktifkannya.
·         Buat koneksi antara dua perangkat tadi. Jadikan laptop anda sebagai primarynya dengan melakukan pencarian terhadap perangkat bluetooth lain.
·         Setelah terkoneksi biasanya meminta password. Kita dapat mengetik angka 1 sebagai password.
·         Selanjutnya secara otomatis akan melakukan instalasi modem. Bila telah selesai akan muncul baloon di sudut kanan bawah laptop anda pertanda siap digunakan.
Setting modem
Kebanyakan user mentok sampai tahap instalasi dan tidak tahu cara menyeting modem agar dapat berfungsi dengan baik. Bagi anda pemakai kartu im3 sebagai kartu hanphone yang anda gunakan sebagai modem handphone, maka settingannya kan jadi sebagai berikut:
AT+CGDCONT=1,"IP","www.indosat-im3.net"
Berikut settingan kode untuk masing masing operator:
AT+CGDCONT=1,"IP","www.indosat-im3.net" untuk im3
AT+CGDCONT=1,"IP","satelindogprs.com" untuk matrix dan mentari
AT+CGDCONT=1,"IP","internet" untuk telkomsel
AT+CGDCONT=1,"IP","xlgprs.net" untuk xl
Melakukan koneksi / membuat dial up:
  1. Buka Control Panel lagi,
  2. Pilih Network and Sharing Center,
  3. Set up a Connection or Network
  4. Connect to the network
  5. Pilih dial-up
  6. Kemudia klik next
  7. Pada connection name / isp name isikan nama terserah anda misal konekyuk (sebagai nama koneksi anda)
  8. Pada Phone number to dial, isikan *99***1# (lihat daftar di bawah untuk cdma berbeda)
  9. Pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan setting kartu anda. Jika menggunakan IM3, usernamenya gprs dan passwordnya im3 (lihat daftar di bawah. silahkan di sesuaikan sendiri.
Tapi di bawah ini ada berbagai username dan password dari kartu lain.
Daftar username dan password serta dial number gsm dan cdma:
Telkomsel
username: wap
password: wap123
dial number : *99***1#
Mentari
username: indosat
password: indosat
dial number : *99***1#
Matrix
username: silahkan di kosongi
password: silahkan dikosongi
dial number : *99***1#
Xl
username: xlgprs
password: proxl
dial number : *99***1#
Im3 ( yang berdasarkan kb )
username: gprs
password: im3
dial number : *99***1#
Im3 ( yang berdasarkan waktu/ time base )
username: indosat@durasi
password: indosat@durasi
dial number : *99***1#
Fren
username: m8
password: m8
dial number : #777
Telkom Flexy
username: telkomnet@flexy
password: telkom
dial number : #777
Starone
username: starone
password: indosat
dial number : #777
Kelebihan koneksi internet melalui modem adalah tidak perlu repot dengan kabel (seperti kabel DKU5)
Di tengah popularitas internet yang mulai merambah pelosok desa, terkadang muncul pertanyaan menggelitik tentang bagaimana cara menggunakan USB modem. Pertanyaan ini lazimnya muncul bagi para orang tua yang menginginkan anaknya tidak gaptek, membelikan mereka laptop, dan membiarkannya mengakses internet di rumah. 
Dari beberapa kesempatan, Blogger Gundul pernah mendapat pertanyaan yang jika diambil intinya adalah sama, yaitu "Bagaimanakah cara menggunakan modem untuk akses internet itu?" Nah untuk maksud tersebut, berikut beberapa langkah menggunakan modem versi Blogger Gundul. 
Beli Modem
Pastikan modem yang sobat beli bekerja pada jaringan dimana ada sinyal di daerah sobat. Umumnya Modem yang bekerja di jaringan GSM lebih fleksibel di daerah-daerah pinggiran, khususnya di wilayah perdesaan. Harga modem saat ini cukup terjangkau, dengan kisaran harga terendah cuman 200 Ribuan.
Colokkan ke Laptop
Karena modem saat ini umumnya telah diisi memori internal untuk menyimpan drivernya, ketika dicolokkan ke laptop, otomatis perintah instal akan muncul di layar laptop. Jika tidak otomatis, sobat dapat menginstalnya melalu file SetUp di folder memori internal modem tersebut dengan mengekliknya secara manual.
Ikuti Langkah-Langkah Installnya
Langkah-langkah penginstalan akan sobat temui ketika telah mengeklik menu file SetUp tersebut. Ikuti langkah-langkahnya, jika perlu mencentang pilihan, centanglah dengan seksama karena umumnya langkah-langkah tersebut tersedia dalam Bahas Indonesia.
Completely Done
Selesai, modem telah terinstall dalam laptop sobat. Untuk menjadikannya akses internet, pastikan log out dulu dari program modem, beli kartu seluler, daftarkan ke layanan internet, selanjutnya masukkan ke modem, pasang modem tersebut kembali ke laptop, dan pilih jaringan sesuai kartu yang sobat pakai
Itulah cara sederhana menggunakan USB modem versi Blogger Gundul. Sobat dapat memanfaatkannya untuk akses internet kapanpun dan dimanapun asalkan ada pulsa serta sinyal juga tertangkap di kamera, eh di perangkat maksudnya.

Cara Mengakses Internet Melalui Modem Secara Umum

Sebuah internet bisa dikatakan interkonektivitas antara dua atau lebih dari dua komputer di antara berbagai jaringan ini di seluruh dunia. Baik itu komunikasi, pengambilan data atau data penerbitan-internet selalu ada di layanan Anda. akses Internet adalah proses dimana pengguna dapat terhubung ke internet.
Telah ada peningkatan pesat dalam penggunaan internet selama lima belas tahun terakhir umumnya karena untuk bisnis, penelitian dan sektor pendidikan. Selain mengakses dari tempat tinggal, ada cyber cafe yang tersedia, dimana komputer dengan koneksi internet siap melayani Anda.
Perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet melalui Modem:
-          MODEM
-          (ISP)
-          E-mail program
-          Web browser.
Langkah 1
Berbicara tentang jenis koneksi, ada berbagai metode akses internet seperti dial up, wireless, kabel atau broadband.
Langkah 2
Bahkan ada pilihan baru yang lain yang tersedia seperti ponsel dengan fasilitas wi-fi. Melalui Wi-fi bahwa kita dapat memiliki akses tanpa kabel ke jaringan komputer.
Langkah 3
Broadband menggunakan data dengan kecepatan transfer tinggi dan umumnya tanpa mengganggu penggunaan telepon.
Langkah 4
A) Ada ratusan perusahaan kecil atau besar yang bertindak sebagai penyedia jasa internet (ISP) dan memungkinkan akses internet sebagai pengganti jumlah nominal catatan dari dompet Anda.
Langkah 5
B) Memvariasikan dengan jenis layanan, satu akan membutuhkan perangkat keras yang disebut MODEM untuk koneksi. Dial Up dengan kecepatan koneksi yang lambat membutuhkan modem analog sedangkan untuk DSL, biasanya disesuaikan dengan ISP yang dipakai.
Langkah 6
C) Untuk melihat halaman web, pengguna harus menggunakan paket perangkat lunak klien khusus yang disebut web browser. Suatu browser web bertindak sebagai perantara antara klien dan server. Ada banyak pilihan yang tersedia bagi pengguna. Yang perlu Anda lakukan hanya meluncurkan web browser dan mulai surfing. Ada beberapa pilihan browser, antara lain: Firefox, Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera, dll.
Langkah 7
D) Terakhir adalah program e-mail. Setiap komputer dilengkapi dengan program e-mail untuk mengirim dan menerima email. Jadi, kehidupan telah menjadi jauh lebih mudah bagi kita dengan adanya email.

 

AKSES INTERNET MELALUI JARINGAN LAN DAN WAN

Kita dapat mengakses internet secara bersama-sama. Untuk mengakses internet secara bersama-sama. Untuk mengakses internet secara bersama-sama dalam suatu ruangan atau gedung, kita dapat menggunaan suatu sistem jaringan komputer.
Tujuan dibentuk jaringan komputer adalah untuk menghubungkan komputer sehingga informasi yang disimpan secara elektronis dapat dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya. Jaringan komputer terdiri dari dua katergori berikut :
·          Jaringan lokal atau Local Area Network (LAN)
·          Jaringan luas atau Wide Area Network (WAN)
Mengapa jaringan dikategorikan dalam LAN dan WAN? Karena dari teknologi yang digunakan, jaringan LAN memiliki keterbatasan jangkauan. Untuk menghubungkan komputer dalam jarak yang lebih jauh, teknologi LAN menjadi tidak ekonomis dan tidak memungkinkan. Misalnya, menghubungkan ATM (Automatic Teller Machind) yang terletak di Jakarta Timur dengan komputer server di Jakarta Pusat.
1.      Local Are Network (LAN)
Jaringan lokal (Local Area Network) merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain dalam satu ruangan, bangunan, atau satu gedung. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan LAN untuk menghubungkan komputer-komputer pada tiap ruang dalam kantor tersebut sehingga membentuk workgroup.
2.      Wide Are Network (WAN)
Wide Area Network merupakan jaringan yang menghubungkan area yang lebih luas, biasanya antara gedung yang satu dengan gedung yang lainnya atau derah yang lebih luas lagi. Contoh lainnya adalah mesin ATM (Automatic Teller Machine)
Ada beberapa jenis jaringan komputer bila dilihat dari cara pemrosesan data dan pengaksesannya.
Host-Terminal, jaringan ini terdiri dari sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam suatu dumb terminal. Karena dumb terminal hanyalah sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232, maka pemrosesan data dilakukan di dalam server.
Client-Server, jaringan ini terdiri dari sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa client. Server bertugas menyediakan layanan. Peer to Peer, terdiri dari beberapa terminal komputer yang dihubungkan dengan media kabel. Secara prinsip, hubungan peer to peer ini adalah bahwa setiap komputer data berfungsi seabgai server (penyedia layanan) dan client, keduanya dapat difungsikan dalam suatu waktu yang bersamaan.
LAN (Local Area Network) hanya terdapat satu atau dua server dan ruang lingkupnya terdapat dalam satu lokasi atau gedung. WAN (Wide Area Network), merupakan gabungan dari LAN, yang ruang lingkupnya dapat saja satu lokasi, misalnya gedung bertingkat, atau dapat tersebar di beberapa lokasi di seluruh dunia, jaringan jenis ini membutuhkan minimal satu server untuk setiap LAN, dan membutuhkan minimal dua server yang mempunyai lokasi yang berbeda untuk membentuknya. Internet, jaringan ini merupakan sekumpulan jaringan yang berlokasi terbesar di seluruh dunia yang saling terhubung membentuk satu jaringan besar komputer. Dalam jaringan ini dibatasi layanannya sebagai berikut : FTP, E-mail, Chat, Telnet, Conference, News Group, dan Mailing Li

Cara Sharing Internet USB Modem melalui Jaringan LAN pada Windows XP

Berikut saya cara sharing internet pada usb modem melalui kabel jaringan lokal atau LAN. Sebenarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya yang pernah saya tulis dalam artikel Cara Sharing Internet Modem melalui Wifi Laptop pada windows XP dan Windows 7. Perbedaan hanya terletak pada setting IP Network Adapter LAN.
Pada Komputer 1 –> yang terhubung dengan usb modem :
Sebelum melakukan sharing internet usb modem melalui jaringan LAN, sebaiknya pastikan telah menon-aktifkan (disable) Wireless Network Adapter dan mengaktifkan (enable) Local Area Network Adapter melalui klik Start –> Connect To –> Show all connection :
Selanjutnya lakukan setting share modem melalui Wireless Terminal properties dengan cara klik Start –> Connect To –> Show all connection –> pada Wireless Terminal lakukan klik kanan –> properties –> pilih Tab Advance. Selanjutnya lakukan centang pada pilihan seperti di bawah ini :
Apabila Anda menginginkan berbagi dial-up, maka centang juga yang tengah. Kemudian klik Setting yang ada di bawah maka akan muncul jendela Advance Setting. Pada Select the Service Running……… users can access, Lakukan centang pada semua cekbox untuk membatasi akses user pada jaringan. Pastikan setting berhasil yang ditandai dengan munculnya gambar tangan pada icon Wireless Terminal :

Langkah cara sharing internet modem melalui jaringan lokal LAN, adalah setting IP LAN Adapter pada komputer 1 dengan melakukan klik kanan pada icon Local Area Connection –> Properties –> Internet Protocol (TCP/IP) –> Setting maka akan muncul jendela setting IP. Masukkan IP Address : 192.168.0.1, Subnet Mask : 255.255.255.0 dan Default gateway : kosongkan.
Selanjutnya masukkan DNS Server. Isi kedua-duanya. Untuk mengetahui DNS Server koneksi internet yang Anda gunakan, silahkan masuk ke command prompt, selanjutnya pada prompt aktif ketikkan : ipconfig/all –> Enter maka akan muncul deretan nomor IP dari perangkat keras termasuk DNS Server :
Masukkan kedua DNS Server nya masing-masing pada kolom Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server. Klik OK dan OK.

Sampai tahap ini, maka setting komputer 1 pada cara sharing internet pada usb modem melalui kabel LAN pada windows XP sudah selesai. Selanjutnya kita lakukan setting pada komputer 2.
Setting IP pada Komputer 2 :
Pada komputer 2, yang perlu dilakukan adalah setting IP LAN Adapter melalui klik Start –> Connect To –> Show all connection –> pada icon Local Area Connection –> klik kanan –> Properties. Pada jendela Local Area Properties –> pilih –> Internet Protocol (TCP/IP) dan masukkan IP Address : 192.168.0.(2 s/d 254), Subnet Mask : 255.255.255.0 (Automatic), Default gateway : 192.168.0.1.
Masukkan kedua DNS Server yang Anda peroleh di atas (sama dengan komputer 1) masing-masing pada Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server :
Sampai tahap ini Anda sudah selasai melakukan setting cara sharing internet usb modem melalui kabel jaringan LAN. Untuk cara koneksinya tidak ada cara khusus sebagaimana sharing internet modem melalui wifi artinya, setelah setting selesai langsung saja buka browser dan berbagi internet usb modem melalui jaringan LAN bisa dinikmati. Cara tersebut dapat diterapkan pada usb modem apa saja baik modem CDMA atau modem GSM baik Smartfren, Smart, 3, XL, flexi, IM3 atau lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar